Rabu, 05 Oktober 2011

Teori Belajar Menurut Bruner


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang

Dunia pendidikan saat ini, membutuhkan peran peserta didik dan tenaga pendidik secara optimal untuk menciptakan proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan sumber daya manusia dan dapat bersaing dalam kompetisi global untuk kemajuan negara kita. Menyadari keadaan tersebut, maka sebagai tenaga pendidik perlu memberi perhatian pada proses belajar mengajar.

Proyek besar bagi seorang pendidik untuk dapat menjadikan peserta didik yang bukan menjadi beban bagi negara kita melainkan harus diubah menjadi aset negara yang produktif. Namun proses pendidikan yang berlangsung saat ini belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terjadi karena adanya masalah-masalah yang ditemui pendidik ketika melaksanakan pembelajaran. Salah satu cara untuk memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan teori. Menurut Snelbecker (1974) dalam Dahar (1989), perumusan teori itu bukan hanya penting, melainkan vital bagi psikologi dan pendidikan, untuk dapat maju atau berkembang, dan memecahkan masalah-masalah yang ditemukan dalam setiap bidang itu. Sehingga teori dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar. Teori belajar dapat juga diterapkan dalam pembelajaran kimia, salah satu teori belajar yang dapat digunakan yaitu teori belajar yang dikemukakan oleh Jerome Bruner.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran harus dipilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik konsep yang diajarkan. Konsep-konsep merupakan dasar bagi proses-proses mental yang lebih tinggi untuk merumuskan prinsip-prinsip dan generalisasi-generalisasi. Untuk memecahkan masalah, seorang peserta didik harus mengetahui aturan-aturan yang relevan, dan aturan-aturan ini didasarkan pada konsep-konsep yang diperolehnya (Susiwi, 2007). Pengetahuan akan konsep juga dapat meningkatkan minat dan rasa ingin tahu peserta didik, sehingga peserta didik dapat berperan aktif dalam pembelajaran di kelas termasuk pembelajaran kimia.

Berdasarkan informasi diatas, maka pada makalah ini akan dibahas konsep belajar dan teori belajar Bruner dalam pembelajaran kimia.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah:
1)        Bagaimana belajar konsep dalam pembelajaran kimia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar